10 Ide Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Pensiunan Dengan Modal Kecil

Halo semuanya Selamat datang di blog idebisnismu.com yang semoga saja konsisten dalam membahas ide bisnis dan peluang usaha yang bermanfaat untuk kita semua.

Kali ini kita akan membahas tentang peluang usaha yang diperuntukkan bagi para pensiunan yang bingung mau menjalankan bisnis apa.

Jadi yang kita bahas ini fokusnya adalah ide usaha sampingan yang cocok untuk pensiunan dengan modal kecil, artinya usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Yang namanya pensiun biasanya adalah orang yang istirahat karena telah menempuh pekerjaannya selama bertahun-tahun, karena usianya sudah lanjut jadi tubuh diistirahatkan untuk tidak bekerja lagi.

Akan tetapi hal itu biasanya cukup berbahaya bagi kesehatan, baik itu kesehatan fisik dan mental.

Untuk menjaga kesehatan alangkah lebih baiknya setiap hari ada kegiatan, Nah mungkin kegiatan yang menghasilkan seperti membuka usaha bisa dicoba untuk anda para pensiunan.

Langsung saja kita masuk ke pembahasan tentang ide usaha sampingan yang cocok untuk pensiunan dengan modal kecil.

Simak baik-baik agar anda mendapatkan poin yang sesuai dengan jenis usaha impian anda.

Ide usaha sampingan yang cocok untuk pensiunan dengan modal kecil

1. Jasa pembuatan peta silsilah keluarga

Mungkin anda baru saja Mendengar hal yang unik tentang dunia bisnis yang satu ini.

Emang jenis usaha yang satu ini masih sangat jarang dijalankan oleh orang yang ada di Indonesia.

Karena untuk menjalankan usaha ini Anda membutuhkan ilmu yang namanya genealogi.

Yaitu adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang sejarah nasab dan kajian tentang keluarga.

Tentunya banyak sekali orang yang tertarik untuk mengetahui asal usul keluarga mereka dan mereka dari keturunan siapa.

Mungkin saja anda tertarik dengan jenis usaha semacam ini, jadi Anda juga sekalian bisa membantu orang menghubungkan diri dengan masa lalunya.

2. Usaha minyak aromaterapi dari bahan alami

Saya rasa untuk mempunyai keterampilan semacam ini anda bisa mulai mencari dan belajar di internet ataupun YouTube.

Dengan mengolah minyak esensial dan tanaman Anda bisa mulai membuat aroma terapi dengan menggunakan bahan yang alami.

Nantinya minyak aromaterapi ini bisa digunakan untuk campuran sabun, minyak diffuser atau minyak urut.

Dengan minyak aromaterapi ini anda bisa menawarkan terapi dan relaksasi untuk kesehatan yang alami bagi para konsumen.

3. Membuat dan menjual komposter untuk rumah tangga

Sebelumnya akan saya jelaskan komposter itu apa, jadi komposter itu adalah alat untuk membuat kompos yang berbahan dasar dari sampah organik atau sampah basah yang mudah busuk.

Anda bisa mulai mencari bagaimana bentuk komposter di internet dan mempelajari bagaimana cara membuatnya.

Keunggulan lain dari komposter ini adalah membantu banyak rumah tangga untuk bisa mengolah limbah organik mereka sendiri.

Keuntungan lainnya produk Anda yang bernama komposter itu bisa menjadi solusi lingkungan yang bersih.

4. Jasa feng shui

Ya anda tidak salah dengar tentang jasa feng shui ini.

Ternyata banyak sekali orang yang membutuhkan jasa feng shui ini untuk mendapatkan keberuntungan dan keseimbangan.

Biasanya yang ditawarkan dalam jasa feng shui ini adalah seputar konsultasi untuk menata taman di rumah atau menata rumah itu sendiri dengan prinsip-prinsip yang dipelajari dalam ilmu Feng Shui.

Mungkin langkah awal untuk Anda jika memang belum paham ilmu tentang feng shui Anda bisa mulai membeli buku tentang feng shui dan belajar dari internet.

5. Membuat dan menjual mainan jadul

Saat ini di marketplace seperti shopee dan TikTok banyak sekali orang yang mencari mainan jadul.

Kalau tidak percaya silakan cek sendiri di marketplace kesayangan masing-masing, cari dengan kata kunci mainan jadul di situ akan keluar hasilnya dan lihat penjualannya.

Banyaknya penjualan artinya permainan jadul sangat diminati saat ini, mungkin para pembeli ingin bernostalgia dengan mainan jadul tersebut tanpa bersusah payah untuk membuatnya sendiri.

Beberapa contoh mainan jadul atau mainan tradisional yang beredar di marketplace seperti egrang, congklak, gundu, pola bekel, gangsing dan lain sebagainya.

Jika anda mempunyai keterampilan untuk membuat mainan-mainan yang sudah saya sebutkan tadi anda bisa mulai berjualan mainan jadul atau mainan tradisional ini secara online.

6. Budidaya tanaman hias

Mungkin ide usaha sampingan yang cocok untuk pensiunan dengan modal kecil ini sangat sesuai dengan orang yang suka bercocok tanam.

Tanaman hias mulai dari dulu hingga saat ini penggemarnya sangat banyak.

Tidak hanya dijual di lingkungan sekitar saja tetapi kini tanaman hias bisa dijual secara online baik itu di marketplace atau di toko online sendiri.

Coba cek di marketplace seperti shopee Ada banyak jenis tanaman hias yang dijual di sana.

Beberapa contoh tanaman hias yang bisa Anda jual dan mempunyai banyak penggemar seperti lidah mertua, Spider plant, kaktus, asparagus fern, bunga peach Lily dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Memulai hidroponik

Banyak yang bilang Seorang pensiunan cocoknya bercocok tanam, tapi beda dengan cocok tanam yang satu ini.

Media yang digunakan untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik ini tidak membutuhkan media tanah.

Hidroponik adalah sistem yang menggunakan media air yang dicampur dengan pupuk cair dan menghasilkan tanaman yang lebih bersih dan sehat.

Biasanya modal yang dibutuhkan tidak besar, yang dibutuhkan seperti instalasi hidroponik itu sendiri yang terbuat dari pipa dan besi sebagai kerangkanya.

Tidak lupa juga Anda juga membutuhkan pompa air untuk membuat Sirkulasi air dalam sistem hidroponik.

Beberapa tanaman yang biasanya ditanam dalam sistem hidroponik ini seperti sayuran kangkung, selada dan lain sebagainya.

Untuk pemasarannya biasanya dijual ke para Tetangga, ke tempat orang yang jualan sayur, atau jika sistem hidroponik anda sudah besar anda bisa langsung menjualnya ke pasar atau tengkulak.

8. Jasa les privat

Ide usaha sampingan yang cocok untuk cat pensiunan dengan modal kecil yang berikutnya adalah jasa les privat atau biasa juga disebut dengan bimbingan belajar.

Jasa ini menawarkan skill atau keahlian anda untuk diajarkan pada konsumen anda.

Jika anda mahir dalam suatu bidang misalkan saja di bidang desain grafis dengan menggunakan software Photoshop misalkan Anda bisa mengajarkan jasa les privat fokus untuk desain grafis.

Disesuaikan saja dengan keahlian atau keterampilan yang anda punya Anda bisa mulai membuka jasa les privat ini.

Misi anda dalam menjalankan usaha ini adalah agar konsumen atau anak didik Anda paham secara mendetail ilmu yang anda ajarkan dalam kelas les privat tersebut.

9. Usaha di perkebunan

Terkadang seorang pensiunan itu membutuhkan aktivitas outdoor atau aktivitas fisik yang tidak terlalu keras.

Hal ini bisa diwujudkan dengan anda mencoba untuk mulai membuka usaha di bidang perkebunan.

Selain Anda mendapatkan aktivitas outdoor atau aktivitas fisik, Anda juga akan mendapatkan imbalan berupa materi dengan menjalankan usaha tersebut.

Anda bisa mulai berkebun buah-buahan atau sayuran.

Sesuaikan saja dengan pasar yang ada di sekitar Anda. Dengan menyesuaikan pasar pastinya Anda tidak akan kesulitan untuk menjual hasil panen dari perkebunan anda.

Jika anda adalah buah atau mempunyai perkebunan buah Anda bisa menjualnya di sekitar Anda atau Anda bisa menawarkan buah-buahan anda ke tengkulak buah atau toko buah.

Yang jelas dengan membuka usaha ini seorang pensiunan akan mendapatkan sehat secara fisik dan mental dan juga imbalan uang dari hasil panen perkebunannya.

10. Toko kelontong

Toko kelontong adalah sebuah usaha di mana toko tersebut menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok.

Pastinya toko kelontong membutuhkan effort yang agak besar karena si pengelola dituntut untuk bergerak ke sana kemari untuk melayani para pelanggan.

Pergerakan inilah yang dibutuhkan oleh seorang pensiunan agar tetap bergerak di masa pensiunnya.

Dan usaha jenis toko kelontong ini bisa dipastikan adalah usaha jangka panjang.

Semakin lama anda membuka toko kelontong maka pelanggan anda akan semakin banyak jika pelayanan anda dan harga yang Anda tawarkan untuk masing-masing barang di toko anda itu bersaing dengan toko lainnya.

Toko kelontong ini bisa dikelola perorangan atau dikelola oleh satu keluarga, artinya mulai dari Ayah Ibu anak kakek nenek bisa menjaga toko dan saling berganti shift.

Sekian artikel yang membahas tentang ide usaha sampingan yang cocok untuk pensiunan dengan modal kecil.

Semoga saja artikel di Idebisnismu.com ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan menjadi amal jariyah untuk kita semua.

Untuk mendapatkan update terbaru atau mendapatkan notifikasi terbaru saat ada artikel baru di idebisnismu anda wajib untuk join komunitas kami di telegram idebisnismu.

Terima kasih, nantikan artikel tentang ide bisnis dan peluang usaha hanya di idebisnismu.com dan jangan lupa gabung di komunitas kami di telegram.
Posting Komentar